-->

Etimologi Multimedia

di

Etimologi Multimedia

ETIMOLOGI MULTIMEDIA



1.Multimedia didefinisikan menurut etimologi  (berdasarkan kamus/ensiklopedi)
2.Multimedia didefinisikan menurut terminologi Teknologi Informasi dan Komunikasi (peristilahan di bidang komputer) secara tepat.
3.Multimedia dikategorikan menjadi 2 definisi turunan berdasarkan mediumnya secara tepat. 
4.Multimedia Content Production didefinisikan secara benar. 
5.Multimedia Communication didefinisikan secara benar. 
6.Produk multimedia dapat diidentifikasi dan dijelaskan manfaatnya secara benar.
media yang memproduksi dan mendistribusi produk multimedia dapat diidentifikasi dan dijelaskan fungsinya secara benar.

Multimedia :
MULTI [latin nouns] : banyak; bermacam-macam
MEDIUM [latin] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM [American Heritage Electronic
Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:

Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (Mc Comick, 1996)
Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA

Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?

Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.

MENGAPA MULTIMEDIA?

Multimedia dapat digunakan dalam:
Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.

Multimedia mampu:

Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Istilah multimedia pertama kali di kenal pada dunia teater, yang
mempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi
suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual.

Multimedia dapat didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimedia content  production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:

1. Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :

1.Media Teks
2.Media Audio
3.Media Video
4.Media Animasi
5.Media Graph / Image
6.Media Interactivity
7.Media Special Effect

2. Multimedia communication

Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :

1.TV
2.Radio
3.Film
4.Cetak
5.Musik.
6.Game
7.Entertaiment
8.Tutorial
9.CT (Internet)

Keterkaitan antara Multimedia Production dengan Multimedia Broadcasting/Publishing


Production vs Communication


KARAKTERISTIK MULTIMEDIA

Multimedia juga mempunyai karakteristik, yaitu ada 2 bentuk:

Bentuk Linier: Sebuah stuktur Multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite Dari karakteristik tersebut meliputi diantaranya yaitu:

Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.
Mengembang Multimedia, membuat judul Multimedia dengan piranti Authoring.
Proyek Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia.
informasi ke yang kainnya.
Bentuk non linier: Stuktur Multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.

Ada beberapa istilah- istilah yang sering dipergunakan dalam
Multimedia, yaitu:

Multimedia Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhir
atau USER dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan
elemen multimedia dikirimkan.
Programmer Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikan
elemen bentuk keseluruhan yang hakus menggunakan sebuah
sisstem Authoring/bahasa pemrograman.
Proyek Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isi
yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau
televisi. Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan
Multimedia.

MANFAAT MULTIMEDIA

Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan dibawah ini :

 1.Industri Kreatif
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni komersial,
 2.Komersial
Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia
3.Hiburan dan seni rupa
Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri
hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film  dan animasi.
 4.Pendidikan
Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis computer dan buku referensi seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia.
 5.Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan Simulasi Komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan seperti pelatihan militer atau industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat lunak
 6.Perindustrian
Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
7.Matematika dan penelitian ilmiah
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. 8.Kesehatan
Dalam Pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtualoperasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
9,Gambar Dokumen
Pengambil foto copy / dokumen dan mengkonversi ke dalam format digital

Copy Right :-Etimologi Multimedia | Kurnia Yahya, S.Kom | http://kurnia.nireblog.com 
                     -Antonius Rachmat, S.Kom & Alphone Roswanto, S.Kom . Pengantar Multimedia


Sekian materi yang saya sampaikan:)
Kurang mengerti ? Komentar dibawah:)

By Author : Fahril Anwar.

Related Post



No comments:

Post a Comment

Peraturan Komentar
-Menggukan Kata Kata Yang Halus .
-Komentar Dilarang Berbau SARA .
-Komentar Dilarang FLODDING,SPAM Dan Lain Lain.